J M M E

JMME FEB UGM merupakan lembaga kemahasiswaan di FEB UGM yang berbentuk Lembaga Dakwah Fakultas di bawah naungan Jamaah Shalahuddin pada lingkup universitas dan Lembaga Dakwah Fakultas Ekonomi di bawah naungan FULDFEI (Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Ekonomi).

JMME FEB UGM menjadi wadah bagi mahasiswa muslim FEB untuk menjadi subjek aktif (pengurus) dan objek (seluruh mahasiswa muslim FEB UGM) dalam penerapan dan pengembangan wawasan keislaman di FEB UGM.

Dalam melakukan aktivitas dakwahnya, anggota JMME dikenal dengan sapaan “Sobat Jemmy” yang bertujuan untuk mengakrabkan antaranggota dan membuat JMME mudah diingat.

JMME pun mempunyai slogan, yaitu “Satu Hati Menginspirasi”

- Satu Hati Menginspirasi -

Logo JMME

Brief History

Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada atau yang lazim disebut JMME FEB UGM, didirikan di Yogyakarta pada 17 Dzulhijjah 1416 H yang bertepatan dengan 5 Mei 1996. 24 tahun sudah, JMME FEB UGM membersamai kehidupan mahasiswa muslim S1 FEB UGM.

Dengan semangat Satu Hati Menginspirasi, selama perjalanannya pun JMME FEB UGM menjadi wadah yang dekat dan bermanfaat bagi manusia-manusia yang ingin menyeimbangkan ukhrawi dan duniawi di tengah hiruk-pikuk kehidupan kampus.

Deskripsi Lambang JMME FEB UGM

Lambang JMME FEB UGM berupa sebuah kubah masjid yang tersusun dari tiga bidang dengan bulan sabit dan bintang diatasnya yang menghadap kanan. Dibawahnya terdapat sebuah buku yang terbuka dengan pena bulu di atasnya. Tulisan “Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi” membentuk setengah lingkaran di atas kubah. Pada bagian paling bawah bertuliskan “Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada”.

Makna Lambang JMME FEB UGM

Setiap unsur dalam lambang JMME FEB UGM memiliki makna sebagai berikut:

  1. Tulisan “Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi” adalah nama organisasi ini.
  2. Kubah masjid bermakna bahwa JMME FEB UGM menaungi umat muslim di FEB UGM khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  3. Tiga bidang yang menyusun kubah bermakna JMME FEB UGM mempunyai 3 fungsi operasional yaitu syiar, kaderisasi, dan layanan umat. Dalam menjalankan 3 fungsi utamanya tersebut berlandaskan 3 pilar agama yaitu Islam, iman, dan ihsan.
  4. Bulan dan bintang bermakna JMME FEB UGM mengemban misi dakwah dengan filosofi bulan dan bintang yaitu memberikan inspirasi bagi warga FEB UGM untuk mengambil bagian dalam mengemban misi dakwah di kampus FEB UGM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  5. Buku dan pena bermakna setiap individu yang berkontribusi belajar di JMME FEB UGM harus menjaga karakternya sebagai intelektual akademisi dalam melaksanakan setiap aktivitas dakwah di lingkungan kampus dan masyarakat umum.
  6. Tulisan ” Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada” bermakna tempat organisasi ini berada.