HUKUM MEMAKAI SEPATU BERHAK TINGGI DALAM ISLAM

0
14

high heelsAssalamu’alaikum saudaraku yang dirahmati Allah SWT.

Kali ini kita akan membahas mengenai hukum memakai sepatu hak tinggi nih. Di zaman modern seperti saat ini, memakai sepatu berhak tinggi memang sudah lumrah terjadi di kalangan wanita, bahkan muslimah sekalipun. Sepatu berhak tinggi dinilai sebagian orang lebih memberikan kesan keindahan dan memikat hati.

Sebenernya gimana ya hukum memakai sepatu hak tinggi dalam Islam? Yuk simak penjelasan berikut.

Beberapa ulama’ seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baaz dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahumullah berpendapat bahwa menggunakan sepatu berhak tinggi tidak boleh karena lebih berisiko terjatuh dan membahayakan diri saat berjalan dengannya. Sedangkan agama kita memerintahkan untuk menjauhi bahaya.

Fakta lain tentang risiko mengenakan sepatu berhak tinggi bagi kesehatan adalah menimbulkan beberapa penyakit seperti :
Osteoarthritis , Achilles tendinitis, Metatarsalgia, Siatika, Plantar fasciitis, Fraktur halus, dsb

Dalil :

وَلاَ تُلْقُوْا بِأَيْدِيْكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.” (Al-Baqarah: 195)
Serta firman Allah Ta’ala,
وَلاَ تَقْتُلُوْا أَنْفُسَكُمْ
“Dan janganlah kamu membunuh dirimu.” (An-Nisa: 29)
Selain itu kebiasaan menggunakan sepatu berhak tinggi ini ternyata adalah salah satu kebiasaan wanita Yahudi dan Nasrani.
Maka sudah selayaknya seorang wanita muslimah menjaga dirinya dari hal-hal yang meniru (tasyabbuh) orang-orang kafir dan jahiliyah.

Dalil :
وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ
“…dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (Al-Ahzab : 33)
Maka kesimpulannya adalah, menggunakan sepatu berhak tinggi baik itu model high heels maupun wedges itu tidak diperbolehkan oleh syariat. Karena bahkan meski sepatu wedges itu resiko terjatuh atau terpelesetnya lebih kecil daripada sepatu high heels, dan bagi sebagian orang menilai dari sisi kesehatannya lebih baik dibandingkan sepatu high heels, namun tetap termasuk dalam kategori tabarruj dalam memakainya.

Nah, dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa nasihat untuk menghindari memakai sepatu berhak tinggi dalam Islam tidak semata untuk melarang kita tampil bebas. Tetapi dibalik itu adalah untuk menjaga wanita muslimah untuk menjauhi tabarruj dan mencegah beberapa risiko buruk yang bisa ditimbulkan dari pemakaian sepatu berhak tinggi bagi kesehatan. MasyaAllah, begitu detailnya Islam memikirkan hal baik bagi kita, semoga kita dapat mengambil keputusan yang bijaksana setelah ini.

Sekian penjelasan mengenai hukum memakai sepatu berhak tinggi dalam Islam. Semua kebenaran dan kelebihan datangnya dari Allah SWT, segala kesalahan dan kekurangan datangnya dari saya selaku manusia. Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr wb
Sumber : http://tinyurl.com/jbdrx2j
=============
#EdisiMenjadiMuslimahSejati #EdisiRabuKamis #JMME’sGoldenContent #JMMEMembumi #JMMESatuHatiMenginspirasi
=============

SHARE
Previous articleMarah
Next article(22/10) Seminar Kewirausahaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here