[G.E.J.E : Gak Jelas]

gejeGamer.. bangun tidur nyalain kompi – bikin kopi – nyiapin cemilan buat sarapan – chat dulu sama temen – terus maen sampe sadar2 pas laper, mata ngantuk dan lupa hari 🙈

Traveller.. Cek penerbangan yg lagi diskon, nyiapin perlengkapan berangkat, ga lupa bawa kamera, menjelajah ke berbagai penjuru

awalnya setiap aktifitas itu bikin kita seneng, explorasi dr satu “fun” ke “fun” yg lain…gituu trs, tapi kalo berlebihan biasanya ada masa dmn kita ngerasa GEJE, “mau ngapain lg ya..ini udah itu udah”..semua “fun” yg selama ini dikejar ko mulai kerasa flat..,bingung hidup ini mau kemana dan buat apa..

🍉 Orang yang GEJE : gak punya keinginan besar yang diperjuangkan, gak punya cita2 dan bingung dalam hidupnya.

🍉 Orang yang udah jelas : Memiliki cita2 jelas dan keinginan besar, tau apa yang sedang ia perjuangkan, tau apa alasan dia berkorban, tau apa yang harus dikorbankan dan dikesampingkan untuk mencapai cita2 tersebut.

🍉 Kita harus memiliki HIMMAH (obsesi/keinginan tertinggi) yang harus kita perjuangkan sampai keinginan tersebut kita capai.

Ada kisah 4 orang sholeh dan thabiin sedang ngobrol dalam mesjid yaitu :
1. Mushaf bin Jubair
2. Urwah bin Jubair
3. Marwah bin Hakam
4. Abdullah bin Umar
Mereka duduk di Masjidil Haram dan saling bertanya keinginan apa yg mereka inginkan?
🍉Orang yg pertama (Mushaf) bilang ingin menjadi gubernur Irak, dan yang kedua saya ingin menikahi gadis cantik Sukainah binti Husain dan Aisyah binti Thalhah. Selang beberapa thn kemudian, Mushaf jadi gubernur irak dan benar2 menikah dengan Sukainah dan Aisyah.
🍒Orang kedua (Urwah) ingin menjadi orang yg ahli agama dan ahli hadist. Akhirnya dia pun menjadi ahli agama dan ahli hadist.
🍉Orang ketiga (Marwah) ingin menjadi presiden/khalifah. Dan ternyata dimasa bani umayah salah satu presidennya adalah Marwah
🍒Orang yg keempat (Abdullah) ingin masuk surga

Setelah menbacakan kisah2 ini akhirnya para ulama berkesimpulan diantara mereka ber4 bahwa yg paling jelas cita2nya adalah Abdullah. Karena keinginan masuk surga akan berlaku teruuus dari sejak lahir sampai wafat. Sedangkan jabatan, istri, pangkat, harta memiliki batasan waktu

Dari kisah tersebut sudah seharusnya kita memiliki cita2 yang gak GEJE yaitu ingin masuk surga. Karena kalau cita2 kita lebih rendah daripada itu (misal : pengusaha sukses) , ketika cita2 tersebut sudah tercapai hidup kita akan kembali GEJE. Jika surga yg dijadikan sbg cita2 terbesar kita bisa jadi apapun di dunia dan kita bisa mengalami keadaan apapun di dunia, tetapi itu semua tidak akan mengubah cita2 kita masuk surga.

Jadikan surga sbg keinginan terbesar dalam hidup kita. Apapun profesi kita jadikan itu sbg peluang untuk masuk surga. Karena peluang masuk surga itu sama bagi siapapun. Jika jadi mahasiswa, jadilah mahasiswa yang bisa masuk surga. Jika jadi pengusaha, jadilah pengusaha yang bisa masuk surga.

Wallahu’alam bishawab…

sumber : Resume Kajian Berjudul “GEJE” by Tengku Hanan Attaki, Lc
=============
#EdisiMengenalIslamLebihDekat #EdisiJumatSabtu #JMME’sGoldenContent #JMMEMembumi #JMMESatuHatiMenginspirasi
=============

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *