(02/11) Kajian – Tafsir Al-Fatihah

<<<<<((((( UNDANGAN ))))>>>>> Assalamu’alaykum wr. wb. Surat Al-Fatihah amat mahsyur kedudukannya. Terlebih ia adalah kewajiban bagi setiap orang yang mengerjakan sholat. Barangsiapa yang tak membacanya, maka sholatnya tak sah. Abu Zakariya An-Nawawiy berkata, “Al-Fatihah dinamai sholat, karena sholat tak sah, kecuali bersama Al-Fatihah”. [Lihat Syarh Shohih Muslim (2/127)] Mari perdalam tafsir Surat yang paling Agung[…]

(28/10) Diskusi JMME

Assalamu’alaikum wr.wb Alhamdulillaah. Pada tanggal 28 Oktober 2016, bertempat di ruang U203, para anggota JMME kembali mengadakan agenda rutin DiJE. Dengan ‘kemasan’ yang berbeda, DiJE yang dibawakan oleh Departemen Eksis kali ini menggunakan bahasa inggris. DiJE pada kesempatan tersebut adalah agenda diskusi terakhir sebelum pergantian kepengurusan. Eksis sengaja mengemas acara ini dengan bahasa yang berbeda[…]

(31/10) Kajian Fiqih Muamalah 4 – Wakaf

<<<((( UNDANGAN )))>>> Wakaf memiliki definisi menahan harta yang memungkinkan untuk mengambil manfaat dengan tetapnya harta tersebut serta memutus pengelolaan dari wakif dan selainnya dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Jenis wakaf sendiri yang paling umum di Indonesia wakaf tanah, bangunan, dan barang tidak bergerak lainnya. Namun tahukah kalian bahwa ada satu jenis wakaf lainnya[…]

(28/10) BBM – Kiat Kiat Berhijrah

  Assalamualaikum Wr. Wb muslimah FEB Di minggu terakhir bulan Oktober ini Bincang-Bincang Muslimah (BBM) hadir kembali. Nahhh…. tema kali ini adalah “Kiat-kiat Berhijrah” Waaah… bagaimana kiat-kiat berhijrah itu? Penasaraaann? Yuuuukkk hadiri BBM pada: Hari : Jum’at, 28 Oktober 2016 Waktu : 11.00-13.00 Tempat : Samping sekretariat bersama JMME-SEF, lantai 3 sayap utara FEB UGM[…]

SUDAHKAH ANDA TERSENYUM HARI INI?

senyum itu manisAssalamu’alaikum,

haloo teman-teman. Apa kabar hari ini? Semoga sehat dan semangat ya.
Ada sebuah kalimat yang sangat familiar di telinga saya, kalimat simpel dan sangat berkesan. “Senyum itu Ibadah”. Yap, ada banyak ibadah yang sangat mudah dilakukan namun berpengaruh besar terhadap lingkungan, salah satunya adalah “Senyum”. 😊

Setiap hari kita pasti mengalami beberapa perasaan seperti marah, sedih, kecewa, terkejut, bahagia dan sebagainya. Tentu ada banyak cara bagi kita untuk mengekspresikan perasaan yang sedang terjadi pada diri kita, salah satunya tersenyum 😊

Ada beberapa manfaat senyum bagi kesehatan lho teman-teman, mau tau? let’s check this,

Tahukah kamu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia yang tersenyum memiliki daya tarik lebih kuat dibandingkan dengan orang yang suka cemberut. Yap, tentu sebagian besar orang lebih suka melihat orang tersenyum daripada cemberut hehe, tersenyum membawa kesan positif dan membangkitkan semangat, melalui sebuah senyuman, kita dapat memperkuat tali silaturahmi dan menghilangkan prasangka. 😊
[…]

Titik Nol

Assalamu’alaikum wr.wb Hay girls…. apa kabar ni say πŸ˜‰ Hmmm mimin harap baik-baik aja ya beb.. :* Gini nih say mimin sedikit curcol ya hehe Beberapa waktu yang lalu mimin sedih karena hubungan mimin dengan temen deket mimin rada terhambat karena komunikasi yang kurang baik..:”( atau bisa dibilang sedikit berantem…huhu sedih ya sis.. Hmm tapi[…]

(27/10) Kajian – Terlanjur Cinta

Assalamu’alaikum.Wr. Wb Shabahal Khair ya ikhwah… Apa kabar mu pagi ini wahai saudaraku ??? Semoga masih dalam keadaan beriman kepada Allah SWT. Amin 😊 Pernah ngerasain jatuh cinta? Sebenarnya arti cinta itu apa sih? Apakah cinta itu dilarang? Kalo sudah terlanjur cinta gimana????? Bingung? galau?? yuk ikuti kajian,, insyaAllah akan menjawab pertanyaan kamu yang lagi[…]

(26/10) Kajian – Waqaf

Wakaf memiliki definisi menahan harta yang memungkinkan untuk mengambil manfaat dengan tetapnya harta tersebut serta memutus pengelolaan dari wakif dan selainnya dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Jenis wakaf sendiri yang paling umum di Indonesia wakaf tanah, bangunan, dan barang tidak bergerak lainnya. Namun tahukah kalian bahwa ada satu jenis wakaf lainnya yang tidak kalah[…]

Memaafkan

Pernah nggak kalian wahai sobat mendapati diri kalian belum bisa memaafkan kesalahan oranglain? Kalau pernah…Apa alasan sobat belum memaafkannya? Apakah karena hal yang orang lakukan ke sobat menyisakan goresan luka yang cukup dalam? Namun, apapun alasannya ingatlah sobat bahwa Allah saja Maha Pemaaf, Allah senantiasa membuka pintu maaf untuk kita hamba-hambaNya, lantas mengapa kita tidak[…]