Aqidatul Islam

aqidah1Rukun islam merupakan salah satu pokok agama yang bersifat fundamental dalam Islam. Butir-butir penjabaran di dalamnya merupakan sebuah penegasan yang mereflesikan inilah islam dan idealnya muslim. Butir-butir penjabaran tersebut termaktub dalam hadits shahih sebagai berikut.
Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhuma-, katanya, “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
‘Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan.” (H.R Bukhari dan Muslim), (Diambil dari Hadits ‘Arbain dan Web Muslim.or.id)

Rukun islam adalah bagian prinsipil. Rukun islam adalah salah satu pembeda yang nyata. Tindakan,pikiran, perasaan yang di luar dimensi tersebut patut menjadi perhatian. Realitanya, perusakan dan penggantian nilai-nilai di dalamnya, banyak direalisasikan dan diaminkan pada masa kontemporer ini, contohnya adalah pada ruang syahadatain, banyak sekali aksi-aksi yang mendikotomiskan, mereduksi konteks dari syahadat, artinya memisahkan keterikatan atau kesatuan antara iman kepada Allah dan Rasul-Nya ataupun dengan menghilangkan, mengurangi, atau menambahkan suatu hal yang merubah makna syahadatain tersebut. Contoh lain adalah bagaimana puasa ramadhan dan solat wajib dinafikan atau dilabelisasi untuk tidak dilakukan.

Aktualisasi tindakan-tindakan tersebut saat ini bersifat nyata, intensif dan tersebar luas. Dan tindakan-tindakan tersebut merupakan sebuah alarm bagi kaum muslimin, khusunya di kalangan mahasiswa, pelajar, pemuda maupun pemudi. Dan secara tidak langsung hal tersebut merupakan sinyal , agar kita senantiasa meningkatkan kualitas ilmu, iman dan amal guna membedakan perkara yang haqq dan yang bathil.

Best Regards,
Forum Mas’ul Lembaga Dakwah UGM 1437 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *