Hasil Kajian Akidah – Malaikat Always Taat, Always Patuh

kajian malaikattKajian Akidah
Tema : Malaikat Always Taat. Always Patuh
Tanggal : 28 April 2016
Oleh : Ust. Abu Salman

Assalaimu’alaikum Wr. Wb.
Yang akan kita bahas kali ini adalah makhluk ghoib. Allah telah mewajibkan sesuai Al-Quran dan As-Sunah untuk mengimani malaikat. Jika kita berbicara tentang malaikat, maka kita berbicara tentang “Allamun goibiyun.” Allam yang berarti tanda-tanda kekuasaan Allah, dan Ghoib yang berarti tidak nampak. Malaikat adalah makhluk yang paling rajin beribadah kepada Allah, tapi tidak memiliki sifat uluhiyah, rububiyah, dan tidak pernah futur (bosan) dalam beribadah kepada Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam surah Al-Anbiya’: 20 bahwasanya “Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang. Malaikat itu berbilang tetapi yang mengetahui hanya Allah.

Dalam suatu kisah, ketika rasul isra’ mi’raj di sidratul muntaha dengan perantara jibril, setelah sampai di hadapan Allah, rasul melihat surga dan neraka. Peristiwa yang beliau lihat di surga ada baitul makmur yang setiap harinya ada 70 ribu malaikat sholat disana. 1 hari dihadapan Allah, sama dengan 1000 tahun manusia di dunia. Jumlah malaikat sangat banyak, la yaklamuhu illallah, tapi hanya 10 malaikat yang disebut dalam Al-Quran.

Beriman kepada malaikat mengandung beberapa perkara:

1. Beriman tentang wujud malaikat (betul-betul ada), bukan potensi kebaikan dalam diri seseorang.

2. Beriman dengan nama-nama 10 malaikat yang Allah sebutkan dalam Al-quran atau rasul dalam hadits.

3. Beriman dengan sifat-sifat mereka. Sifat ini ada dua, khuluqiyah (amal perbuatan dan perilaku) dan kholqiyah (wujud yang melekat pada malaikat/ fisik). Diantara sifat malaikat dalam hadits, yaitu sifat Jibril dengan bentuk aslinya 600 sayap (hadits Bukhori).

Buah keimanan kepada malaikat:

1. Bertambah keimanan kita kepada Allah SWT.
2. Bersyukur kepada Allah bahwa segala amal akan dicatat oleh malaikat.
3. Mencintai malaikat karena memiliki sifat yang luar biasa, yaitu patuh dan tidak pernah durhaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *